Minggu, 07 Maret 2010

HIDUP MATINYA PR TERHADAP EKSISTENSI MEDIA


Public relations is planned,persuasive communication designed to influence significant public ”jhon E. marson’’(modern public relations,1979).
Hubungan masyarakat atau public relations adalah suatau usaha yang sengaja dilakukan,direncanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga /instansi dengan masyarakat.PR adalah sebuah seni sekaligus ilmu social dalam menganalisa kecenderungan ,meramalkan konsekuensinya,memberikan pengarahan kepada pemimpin institusi/lembaga dan melaksanakan progam progam terencana yang dapat memenuhi kepentingan baik institusi maupun lembaga tersebut terhadap masyarakat terkait.
Humas atau sering disebut Public relation adalah bagian dari ilmu komunikasi yang membahas mengenai berbagai ilmu hubungan-hubungan secara luas yang meliputi masyarakat umum dan media.oleh karena itu PR merupakan fungsi manajemen yang menilai sikap public ,mengidentifikasikan kebijaksanaan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentinagn piblik.serta merencanakan dan melakukan suatu progam kegiatan untuk meraih pengertian,pemahaman dan dukungan dari public.
Dalam hal ini sebuah public relations dalam memahami masyarakat butuh sebuah stekholder untuk menunjang eksistensi sebuah public relation yang efektif dan dinamis.salah satunya dalam kutipan ini adalah hubungan PR dengan media,Hubungan hubungan PR dengan media sangat penting dan vital dalam membangun sebuah image dalam instansi /lembaga.karena media merupakan alat komunikasi yang sangat efektif dalam menyampaikan informasi dan pengetahuan bagi khalayak umum.sebuah PR mempunyai perencanaan yang matang dan jitu,fungsi PR dalah membangun sebuah image positif ke masyarakat.membangun kredibilitas sebuah instansi/lembaga melalui apa yang disampaikan.dalam melakukan pembentukan image seorang PR harus mampu memanfaatkan media.mengapa??karena sekarang ini kita tidak bisa terlepas apa yang namanya sebuah media,media berperan aktif dalam mengawal ,memberitakan kinerja sebuag PR.
APA ITU MEDIA??
Hubungan media adalah usaha untuk mencapai publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan informasi humas dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman public dari sebuah organisasi perusahaan terkait.”frank jefkins”(2000).
Dari definisi diatas bahwa hubungan media merupakan salah satu bagian dari kegiatan PR .jadi apa yang menjadi tujuan humas juga menjadi tujuan hubungan media.bisa dkatakan media merupakan faktor vital hidup matinya sebuah PR.


FUNGSI SEBUAH PR
Internal fungtion:
· Mengkomunikasikan kebiajakan manajemen kepada karyawan
· Menjelaskan kebijakan manajemen agar karyawan memahami dasar pengambilan keputusan(decision making)
· Membangun jaringan interaktif antara karyawan dengan manajemen
· Membantu proses restrukturisasi ,mengurangi dampak buruk
· Membantu peningkatan sanse of belonge
· Membantu terciptanya budaya perusahaan sesuai visi
Eksternal fungtion
· Mensosialisasikan kebijakan perusahaaa kepada public
· Menjelaskan hasil RUPS/RUPSLB
· Membnantu pemasaran untuk menciptakan citra produk
· Mensosialisasikan prestasi yang dicapai perusahaan.
· Mengembakan progam community devolepment
· Menyiapkan sarana public untuk melihat perusahaan secara langsung
Dalam melihat fungsi-fungsi PR sangat komlpek baik dalam internal perusahaan maupun eksternal. Untuk publik intern disini adalah staf karyawan dan para pemegang saham. Dan untuk publik extern adalah masyarakat luas, pemerintah dan media massa

Dalam mensosialisasikan fungsi-fungsi tersebut PR harus bekerjasama dengan sebuah media.karena pentingnya peran media dapat dikatakan bahwa hubungan media sangat perlu meskipun tidak mutlak dilakukan.Tujuan hubungan media dengan PR tidak hanya memberikan informasi semata namun menciptakan citra posotif maupun negative, itu semua tergantung pada sebuah media memberitakanya.semakin baik hubungan terhadap media semakin baik pula citra PR dalam perusahaan,begitu juga sebaliknya.
Hubungan komunikasi dengan media merupakan obat yang mujarab bagi sebuah PR untuk eksistensi dimata public dalam menegmbangkan produk,citra sebuah insansi/perusahaan.pentingnya memahami sebuah media oleh seorang PR,dalam sebuah buku dari Marshall McLuhan dalam buku’’understanding media’’ mengatakan bahwa media adalah ‘’The Extention Of Man’’(media adalah perluasan manusia) apa yang menjadi keinginan,cita-ita dan tujuan seseorang manusia dapat diperluas oleh senuah media.media yang mempunyai kapabilitas yang luas akan meluaskan hal pada diri manusia dan menerobos ruang waktu(PR).




BERBAGAI MACAM HUBUNGAN MEDIA
1. Newslatter
2. Acara khusus
3. Press tour
4. Laporan tahunan
5. Sponsor
6. Poster
7. Iklan
8. Pengumpulan uang
9. Seminar
10. Pameran
11. Selebaran
12. Surat pembaca

Berbagai macam cara dapat dilakukan PR melakukan hubungan dengan media,ini dapat membuat sebuah PR melaksanakan tugasnya dengan lebih efektif dalam menyampaikan pesan,konsep yang ingin disampaikan kepada khalayaknumu lewat sebuah media.Membangun hubungan dengan media dapat dilakukan berbagai cara
Seperti petemuan rutin dengan pimpinan yang melibatkan media,press conference, kunjungan media,pelatihan media agar memahami aktivitas bisnis suatu perusahaan.
Eksistensi media sangat berperan aktif dalam membangun sebuah citra,seoarang PR harus pandai bekerjasama dengan sebuah media karena media dapat menjunjung dan menjungkirbalikkan sebuah citra yang dapat dikemas didalam sebuah media tersebut,
Seiring dengan perkembangan yang ada dan tingginya kebutuhan akan pengetahuan akan tenaga yang menguasai secara baik seluk beluk media dengan network dan kedekatannya, kini tumbuh dan berkembang pula jasa yang mengkhususkan pada bidang media relations ini. Dua hal ini menjadi pertimbangan utama dalam penyuguhan teori dan fakta dilapangan selain juga adanya permintaan tentang bagaimana menggunakan media massa untuk keuntungan perusahaan (meminimalisasi misunderstanding/miscommunication) atau juga buat keuntungan diri anda sendiri. Tentu sudah sangat dimengerti bahwa secara teori, media relations memiliki fungsi atau peran pertama berkenaan dengan komunikasi, kedua berkenaan dengan pemberian informasi atau memberi tanggapan pada pemberitaan media atas nama organisasi atau klien. Kenapa demikian? Hal ini lebih dikarenakan dewasa ini media massa sudah menjadi bagian dari banyak orang. Nyaris tak ada kegiatan yang tak melibatkan media massa dalam kehidupan kita. Oleh karenanya, organisasi mau tidak mau membutuhkan sebuah hubungan baik dengan media yang oleh praktisi PR menjadi salah satu roh penting dalam aktivitas Public Relations.
Pemaparan di atas memang tidak secara spesifik berkaitan dengan fungsi dan tugas seorang media relations officer, melainkan penekanan pada kompetensi seorang PR yang selain harus memiliki kemampuan teknis juga harus menguasai dan mampu membuat sebuah analisa akan perkembangan opini publik atau perusahaan/ organisasi. Kembali lagi kepada definisi media relations, secara teori seperti dalam glosarium, media relations adalah berhubungan dengan para wartawan dalam upaya untuk membina hubungan yang baik dengan media siaran, cetak, dan online. Dari sini Media Relations Officer bisa juga disebut sebagai perpanjangan tangan PR dalam membina hubungan baik dengan media massa. Melihat tugas media relations tersebut jelas bahwasannya peran seorang media relations dalam menyukseskan program dan perencanaan strategi PR menjadi sangat krusial dan penting walaupun tetap saja bisa disebut sebagai seorang executor dari program-program PR nya.
perkembangan dan tuntutan jaman sekarang inilah menurut saya tak ada salahnya bagi individu yang memutuskan untuk terjun secara professional menjadi seorang PR. Tentu saja penguasaan akan hal teknis, netwoking yang bagus kepada media, pemahaman tentang public relations, kemampuan menganalisa dan menganggapi perkembangan opini publik serta penguasaan aspek-aspek terkait dengan peran dan fungsi Public Relations menjadi syarat mutlak. Penguasaan teori itu sangat penting, namun kesiapan menghadapi dunia nyata terkait dengan dunia komunikasi dan khususnya media menjadi hal yang tak kalah pentingnya.

2 komentar:

  1. that's good statement. I agree with you.....
    sometimes, give me solution about my problem !! I hope u'll be the real good moderator n PR..... nice to know u.....

    BalasHapus